My University

Jumat, 31 Desember 2010

Manfaat Bengkuang

Tanaman bengkuang (Pachyrrhizus erosus) di kenal baik di masyarakat Indonesia. Umbi tanaman bengkuang biasa dimanfaatkan sebagai buah atau bagian dari beberapa jenis masakan. Umbi bisa di makan, dibuat rujak, atau asinan.
Selain itu, tanaman bengkuang sering juga ditanam sebagai pupuk hijau atau untuk penutup tanah diperkebunan teh. Bengkuang ternyata juga memiliki khasiat sebagai obat. Khasiat bengkuang antara lain untuk mengatasi penyakit kulit, diabetes, demam, eksim, sariawan, dan wasir.
Deskripsi dan Penyebaran Bengkuang
Bengkuang merupakan tanaman terna merambat yang dibudidayakan terutama untuk diambil umbinya. Daun tanaman ini majemuk, beranak daun tiga. Bunganya tersusun dalam tandan yang panjangnya 15 sampai 25 cm. Buahnya berbulu halus, berbentuk polong yang berisi empat sampai sembilan biji.
Umbi akarnya berwarna putih, berbentuk gasing, kulitnya mudah dikupas. Perbanyakan tanaman dilakukan dengan stek batang, umbi, maupun biji. Bengkuang banyak dibudidayakan di jawa dan madura, di dataran rendah.
Untuk memperoleh umbi yang baik bunga harus selalu dibuang. Setelah satu sampai tiga minggu ditanam, biji mulai berkecambah. Pada beberapa varietas seperti bengkuang gajah, bengkuang sudah dapat dipanen sampai berusia tujuh bulan yaitu bengkuang Badur. Umumnya, bengkuang dipanen ketika umur enam sampai sebelas bulan.
Sifat kimiawi dan efek farmakologis tanaman bengkuang adalah manis, dingin, sejuk, dan berkhasiat mendinginkan. Kandungan kimianya adalah pachirhizon, rotenon, vitamin B1 dan C. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah akar atau umbi, biji, dan tangkai.
Bengkuang mulanya berasal dari amerika tropika, kemudian menyebar keseluruh daerah tropika lainnya. Tanaman ini masuk ke indonesia dari manila melalui ambon pada abad ke-17. Sejak itu, bengkuang dibudidayakan diseluruh negeri.
Beberapa Khasiat Bengkuang
Bengkuang biasanya digunakan untuk pemakaian obat luar dan dalam. Untuk pemakaian luar, ambil bengkuang secukupnya, dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Pada pemakaian dalam, bengkuanag dikupas kulitnya lalu dinuat masakan sesuai selera lalu dimakan.
- Mengatasi penyakit kulit, biji bengkuang dan belerang (masing-masing secukupnya) dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.
- Untuk pengidap diabetes, satu atau dua bengkuang di parut lalu disaring dan diminum setiap pagi dan malam hari.
- Sebagai obat demam, umbi bengkuang dikupas kulitnya lalu dibuat manisan dan dimakan.
- Mengatasi eksim, umbi bengkuang dikupas kulitnya dan di makan secara langsung. Lakukan secara rutin empat kali seminggu.
- Jika menderita sariawan, umbi bengkuang dikupas lalu ditambahkan air dan madu secukupnya lalu dijus dan diminum.
- Mengatasi wasir, satu buah bengkuang dijus lalu diminum tiap bangun pagi.
Ada lagi yang perlu diingat, bahwa bengkuang bisa dijadikan untuk jadi masker wajah. Manfaatnya selain untuk menjaga kebersihan wajah, banyak yang bilang bisa untuk memperputih wajah.

Tidak ada komentar: