My University

Selasa, 15 November 2011

Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan produk elektronik laptop di kalangan mahasiswa

Nama    : Hanny Azhar Noorrahmi
NPM     : 11209556
Kelas     : 3EA02
Mata kuliah : Softskill Perilaku Konsumen 1


Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan produk elektronik LAPTOP di kalangan mahasiswa.
Dilihat dari berbagai faktor-faktor yaitu diantaranya:

Faktor Budaya
Seiring perkembangan zaman makin banyak pula alternatif produk yang dapat dipilih konsumen. Begitu pula yang terjadi pada pasar barang-barang elektronik seperti antara lain notebook dan laptop. Saat ini penggunaan laptop dikalangan anak muda yang didominasi oleh mahasiswa semakin meluas, bahkan sudah menjadi suatu kebutuhan personal. Hal ini disebabkan manfaat yang diperoleh dari penggunaan laptop tersebut antara lain dapat membantu penyelesaian tugas-tugas belajar mereka.

Faktor Psikologi
Pengguna Laptop pada kalangan mahasiswa biasanya memiliki keterbatasan dana, tetapi mahasiswa tersebut mempunyai keinginan terhadap laptop yang benar-benar memiliki kemampuan kerja yang tinggi. Hal ini karena mahasiswa sifatnya dinamis, bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, didalam dan diluar ruangan dan sangat intensif dalam hal penggunaan laptop. Umumnya digunakan sebagai penunjang kegiatan akademis dan memiliki media hiburan. Model laptop yang digemari umumnya adalah ringan, tidak mahal, dan memiliki media penyimpanan praktis seperti tas berbentuk ransel/backpack. Model/bentuk dan warna sering menjadi pertimbangan bagi kalangan mahasiswa, terutama bagi mahasiswa yang memiliki minat atau hobi berhubungan dengan komputer atau teknologi informasi. Semua hal ini tergantung dari persepsi mahasiswa tersebut dalam pengolahan informasi yang diterima pancaindera. Ada kalanya untuk melakukan keputusan pembelian, mahasiswa membutuhkan waktu yang lama untuk pencarian informasi dari berbagai sumber, supaya dapat mengurangi perasaan ketidakpuasan pasca pembelian dan ada juga sebagian mahasiswa lainnya tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pencaharian informasi tentang produk laptop.

Faktor Sosial
Dalam hal ini pembelajaran mahasiswa tentang pembelian laptop sering terbentuk dari pengalaman dirinya sendiri atau dari pengalaman teman atau keluarganya setelah membeli produk tersebut sehingga dapat mempengaruhi perilaku pembeliannya.